Sistem keamanan baru pada WhatsApp Android & iOS

thumbnail

Doktertechno.com – Hallo guys, balik lagi nih sama doktertechno. Udah pada denger belom kalo WhatsApp sekarang punya fitur sistem keamanan baru yang keren loh… Dimana fitur ini akan membuat obrolan kita di WhatsApp semakin aman. Kira-kira fitur keamanan seperti apa ya?? Yuk langsung aja simak penjelasan berikut…

Setelah melalui tahap uji coba, akhirnya fitur keamanan baru untuk aplikasi WhatsApp telah hadir nih sob. WhatsApp telah resmi memunculkan fitur fingerprint lock untuk android dan iOS.

Keamanan baru WhatsApp

Mendengar kata fingerprint sendiri, mungkin udah ga asing lagi di telinga kita. Di jaman sekarang siapa sih yang nggak tahu fingerprint ? fitur keamanan yang digadang-gadang mampu memberikan keamanan yang benar-benar sangat terjaga.

Di Era teknologi sekarang hampir semua smartphone keluaran terbaru sudah menanamkan fitur fingerprint untuk menjaga keamanannya.

Sebelumnya fitur fingerprint lock pada WhatsApp telah tersedia untuk platform iOS di awal tahun 2019. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci dan hanya dapat membuka WhatsApp dengan fingerprint (sidik jari)

Jika pengguna tidak menemukan fitur fingerprint lock, sebaiknya mengupdate versi WhatsAppnya ke versi 2.19.222 terlebih dahulu.

Dengan mengaktifkan fitur ini , artinya pengguna harus menggunakan fitur sidik jari untuk membuka WhatsApp.

“Hari ini, kami memperkenalkan autentikasi serupa (di iPhone), memungkinkan Anda membuka kunci aplikasi dengan sidik jari, di ponsel Android yang didukung,” tulis WhatsApp dalam akun Twitternya.

Cara mengaktifkan fingerprint lock pada WhatsApp

Cara mengaktifkan fitur fingerprint WhatsApp di android cukup mudah. Pengguna tinggal masuk ke halaman WhatsApp, lalu pilih ikon titik tiga pada ujung kanan atas lalu masuk ke setting > akun > privasi > fingerprint lock (kunci sidik jari).

Baca Juga  Asus Bersaing Di Era Dunia Gaming !!!

 

 

 

 

 

 

Untuk mengaktifkan fitur fingerprint WhatsApp pada platform iOS pun cukup mudah juga, sama seperti di Android, di iOS pengguna tinggal masuk ke menu setting > akun > privasi > fingerprint lock (kunci sidik jari).

Jika iPhone kamu mendukung fitur Face ID juga, maka wajah kamu dapat digunakan untuk membuka kunci obrolan. Sementara itu Touch ID dapat kalian gunakan untuk membuka aplikasinya.

Disini pengguna juga bisa memilih berapa lama aplikasi akan terkunci setelah smartphone didiamkan. Pilihan waktu yang tersedia antara lain sesegera mungkin (ketika aplikasi WhatsApp di close, pada saat itulah aplikasi akan langsung di lock), satu menit (aplikasi akan di lock setelah didiamkan selama satu menit) dan yang terkahir adalah 30 menit (aplikasi akan di lock setelah didiamkan selama 30 menit).

 

 

 

 

 

 

 

Pengguna juga bisa mengatur apakah isi chat yang baru masuk akan ditampilkan di bilah notifikasi atau tidak. Fitur fingerprint lock ini memberi rasa aman dan nyaman bagi penggunanya, karena chat mereka akan lebih terjaga tanpa harus takut dilihat diam-diam oleh orang lain.

Seaman apakah ?

Akan tetapi, meskipun terlihat aman dan hanya pemilik akses saja yang dapat membukanya, aplikasi tersebut tidak akan meminta verifikasi sidik jari dalam beberapa kondisi.

Misalnya, pengguna yang mengaktifkan fitur “quick reply” masih dapat membalas pesan melalui bilah notifikasi tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.

Meskipun WhatsApp dalam keadaan terkunci, kita juga tetap dapat menerima telepon ataupun menerima panggilan video call tanpa harus membuka WhatsApp dengan sidik jari.

Akan tetapi fitur fingerprint lock ini tidak bisa dinikmati oleh semua pengguna smartphon. Pasalnya fitur ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang memiliki ponsel android atau iOS yang mendukung fitur fingerprint saja. Dan tentunya juga mempunyai OS minimal android 8 keatas atau untuk pengguna iOS 9 keatas.

Baca Juga  9 Aplikasi Fingerprint Terbaik di Android

Melihat spesifikasi yang telah disebutkan tadi, maka pengguna smartphone keluaran lawas kemungkinan besar tidak akan dapat menggunakan fitur fingerprint lock ini. Smartphone keluaran lawas biasanya masih menggunakan OS lama dan tidak adanya dukungan fingerprint pada ponsel tersebut.

Bisa dibilang, fitur finger print lock yang terdapat pada aplikasi WhatsApp ini punya cara kerja seperti App Lock pada umumnya. Sebab, fitur ini mengharuskan pengguna untuk melakukan otentikasi untuk membuka aplikasi terlebih dahulu.

Gimana guys, udah pada tau kan sekarang kalo di WhatsApp ada fitur keamanan yang keren banget pastinya dan cukup mudah untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Sekarang kita udah nggak khawatir lagi kalo ponsel kita di pinjam oleh temen kita yang super kepo sama obrolan-obrolan kita yang ada di WhatsApp, karena mereka nggak akan bisa ngebuka aplikasi WhatsApp kita sekarang, hehehe…

Oke sekian dulu ya pembahasan kita kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Sampai jumpa di lain kesempatan sobat techno.

Baca juga : 9 Aplikasi Fingerprint Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top