Smartphone pertama di dunia dengan in-display fingerprint

thumbnail

Doktertechno.com – Hai guys, balik lagi nih sama doktertechno. Kali ini kita bakal ngebahas smartphone yang pertama kali menggunakan teknologi fingerprint pada layarnya. Kira-kira smartphone apakah itu ? langsung aja kita ke pembahasannya…

Inovasi baru sistem keamanan smartphone

Teknologi smartphone tiap tahun terus berkembang dan menghadirkan inovasi-inovasi baru. Dulu system keamanan pada smartphone masih menggunakan system keamanan kata sandi dan pola-pola yang rumit.

Seiring berjalannya waktu, system keamanan dengan cara tersebut mulai ditinggalkan dan digantikan dengan sensor sidik jari dan deteksi wajah. Beberapa tahun yang lalu smartphone dengan sensor sidik jari fisik sangat booming, karena dianggap sebagai system keamanan yang paling akurat.

Pada tahun ini system keamanan smartphone dengan teknologi in-display fingerprint mulai di gandrungi dan makin popular. Banyak sekali vendor ponsel yang berlomba-lomba untuk meenghadirkan sensor sidik jari dalam layar.

Lahirnya sensor sidik jari dalam layar

Produsen sensor Synaptics mengumumkan telah membuat layar dengan sensor sidik jari terintegrasi (in-display fingerprint sensor) dengan nama Clear ID FS9500 untuk smartphone bezel-less pada tahun 2017 silam.

Synaptics bekerja sama dengan perusahaan smartphone teratas, dan mengklaim bahwa teknologi ini akan diproduksi secara masal.

Ada 5 perusahaan smartphone yang bekerja sama dengan synaptics. Namun bukanlah Apple, Xiaomi, Lenovo, Oppo, ataupun Samsung, melainkan Vivo.

Hal itu diungkap oleh Patrick Moorhead, analis dari firma riset Moor & Insight Strategy. Moorhead mengatakan bahwa dirinya diajak oleh Synaptic untuk melihat teknologi buatannya, sekaligus mencobanya langsung di perangkat Vivo.

Tentu saja ini suatu hal yang menarik mengingat vendor-vendor besar seperti Apple danSamsung belum berani untuk menggunakan sensor ini. Entah kenapa, justru Vivo lah yang berani mengambil kesempatan ini.

Baca Juga  4 Aplikasi Streaming Anime Terbaik Untuk Android

Sensor sidik jari di dalam layar ini, merupakan perangkat CMOS kecil yang diletakkan antara panel OLED dan panel kaca pada produk smartphonenya. Ketika jari menyentuh panel kaca maka panel OLED akan menerangi jari kita dan chip akan melakukan proses terhadap cahaya yang dipancarkan.

Alex Feng selaku senior VP dari Vivo mengatakan bahwa pengguna akan merasakan pengalaman system otentikasi baru yang menarik dari smartphone ini. Disisi lain, proses otentikasi pada fitur baru ini akan berlangsung sedikit lebih lama dari sensor fingerprint tradisional.

Disini kita tahu bahwa, sensor fingerprint di dalam layar belum mampu memberikan tingkat keamanan yang sama dengan pemindai wajah 3D atau pemindai iris yang dapat mengenali elemen yang lebih unik dalam mengenali penggunanya.

Sebelumnya, vivo sendiri telah memamerkan ponselnya dengan teknologi pemindai sidik jari pada layar yang disokong oleh Qualcom di acara Mobile World Congress di Shanghai pada awal tahun 2017 lalu.

Namun Vivo beralih ke sensor buatan Synaptics, karena pemindai sidik jari Synaptics dirasa lebih cepat dan responsive ketimbang sensor buatan Qulcomm.

Produk vivo dengan sesor sidik jari dalam layar

Beberapa smartphone Vivo yang telah menggunakan teknologi in-display fingerprint diantaranya :

    1. Vivo V11 Pro

vivo v11

Vivo V11 merupakan smartphone keluaran Vivo yang saat ini maerupakan ponsel termurah yang sudah menggunakan system keamanan sidik jari dalam layar. Vivo V11 Pro menggabungkan  Face unlock berbasis IR dan sensor sidik jari dalam layar generasi keempat untuk membuka kunci smartphone.

vivo v11

Ponsel ini di bekali processor  Qualcom Snapdragon 660 octa core dan menggunakan layar AMOLED yang mini bezel dengan notch berbentuk water drop. RAM berkapasitas 6GB LPDDR4x dengan storage sebesar 64GB, dan bateray sebesar 3300mAh. Ponsel ini di banderol dengan harga Rp.4.499.000

Baca Juga  Handphone Pintar Atau Smartphone ???

 

  1. Vivo Nex

Vivo Nex merupakan produk keluaran Vivo yang menggunakan system keamanan sidik jari dalam layar generasi ketiga yang 50 persen lebih akurat dan 10 persen lebih cepat dibanding dengan Vivo x21. Vivo Nex menawarkan layar AMOLED tanpa notch yang dilengkapi dengan kamera selfie pop-up yang keren.

Vivo Nex dibekali processor  snapdragon 845 octa core  SoC dan RAM sebesar 8Gb lpddr4. Memiliki ROM storage sebesar 128GB, baterai 4000mAh.

 

  1. Vivo X21

Vivo X21 adalah ponsel komersial kedua dari Vivo yang telah menggunakan system keamanan sensor sidik jari dalam layar. Vivo X21 dibekali processor snapdragon 660 seperti yang terdapat pada Vivo V11 Pro

Fitur lain yang terdapat dalam ponsel ini yaitu perangkat lunak berbasis Android 8.1 dengan kecerdasan AI, baterai 3200mAh, kamera belakang ganda dan Bluetooth 5.0. Hanya varian penyimpanan 128GB yang memiliki sensor sidik jari dalam layar. Ponsel ini di banderol dengan harga Rp.4.150.000

 

Itu dia guys smartphone pertama di dunia yang menggunakan system keamanan sensor sidik jari dalam layar. Berminatkah kalian untuk memiliki salah satu produk dari Vivo tersebut ?

Oke sekian dulu ya pembahasan kita kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Sampai jumpa di lain kesempatan sobat techno.

Baca juga : Perbedaan indisplay fingerprint dengan fingerprint biasa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top